Cara Cepat Menentukan Area Trading

C

Penentuan area trading yang tepat dapat menurunkan tingkat resiko loss secara drastis. Seringkali karena tidak menentukan area trading, trader entry di ujung trend sehingga harga tiba-tiba berbalik. Berikut tips menentukan area trading yang profitable.

Open Sell, harga malah naik

Open Buy, harga lari turun

#trader_apes

Layaknya pasukan elite yang melakukan survey medan pertempuran, trader perlu menentukan area yang safe untuk trading sebelum open posisi. Untuk menetukan area trading ini anda hanya membutuhkan waktu 2 menit saja, cepat bukan? ikuti langkah-langkah berikut ini.

Klik tombol menu dibagian pojok kiri atas.
Pada bagian Menu, pilih Settings
Pada menu Settings, di bagian Charts contreng “Show period separators
Setelah anda contreng “Show period separators”, maka ketika anda kembali ke tampilan chart akan tergambar garis vertikal putus-putus. Garis tersebut adalah garis penanda waktu, dan digambar tiap 1 hari.
Zoom-out chart untuk melihat chart lebih luas. Hitung 7 kolom waktu kebelakang. Dari 7 kolom tersebut perhatikan harga tertinggi dan terendah ada dilevel berapa. Pada contoh diatas, harga tertinggi ada di kolom 5 dan harga terendah ada di kolom 7. Selanjutnya kita akan menandai level tertinggi dan terendah dengan garis horizontal
Klik pada chart kosong untuk menampilkan menu short-cut (menu pada lingkaran biru). Pilih menu Object (ditunjukkan dengan panah merah).
Dalam menu Object, pilih bagian Lines, kemudian klik Horizontal Line.
Anda secara otomatis akan kembali kepada tampilan chart. Perhatikan pojok kanan atas (panah merah) ada garis horizontal biru, menandakan Anda dapat menggambar garis horizontal pada chart. Klik dan tahan pada chart, kemudian drag (geser sambil tekan) ke arah level yang ingin ditandai dengan garis horizontal.
Setelah garis horizontal tergambar, apabila anda ingin melakukan perubahan ketebalan atau warna, anda dapat klik dan tahan 2 detik, kemudian lepas pada garis horizontal tersebut untuk memunculkan menu garis horizontal tersebut (perhatikan menu yang muncul dibagian atas chart). Klik gambar pensil untuk meng-edit garis tersebut.
Pada contoh kali ini kita akan merubah tebal garis menjadi 4 px, pada bagian style pilih 4 pixel. Setelah selesai klik Done yang terdapat dibagian pojok kanan atas. Ulangi langkah-langkah menambah garis horizontal untuk menandai batas atas.
Setelah batas atas dan batas bawah ditandai dengan garis horizontal, maka Area Trading adalah area diantara kedua garis batas tersebut. Ketika harga mendekati garis batas atas, jangan melakukan Open Buy! Ketika harga mendekati garis batas bawah, jangan melakukan Open Sell!

Demikian langkah-langkah menentukan Area Trading, lakukan pengecekan area ini dua atau tiga hari sekali untuk memastikan anda tidak melakukan trading didekat batas atas / batas bawah!

Bagikan konten ini keteman-teman anda dengan menggunakan tombol dibawah ini,