Apakah Balance Negatif Bisa Terjadi

Apakah Balance Negatif Bisa Terjadi, pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh beberapa trader dalam menyikapi aktifitas tradingnya.

Trading dengan leverage memang memungkinkan terciptanya situasi dimana trader “berhutang” lebih besar dari dana yang telah didepositkannya. Jika dilihat dari perspektif ini, maka kekhawatiran akan saldo akun negatif itu wajar. Apalagi, sebagaimana ditunjukkan oleh kondisi pasar pasca goncangnya pasar di Black Thursday (15 Januari 2015), saldo akun trading forex negatif ternyata bisa saja terjadi. Kalau begitu, apa yang bisa kita lakukan sebagai traderĀ  untuk mencegah saldo akun berubah jadi negatif, dan apakah kita harus melunasi “hutang” di broker bila saldo telanjur negatif?

Sejumlah broker menetapkan batas Margin Call dimana ketika posisi floating mengalami loss yang menyentuh batas tersebut maka posisi akan secara otomatis ditutup dalam kondisi loss. Karena konsekuensi margin call yang seperti itu, maka MC seringkali menjadi momok bagi trader.
Black Thursday (15 Januari 2015) Dalam volatilitas pasar yang ekstrim seperti pergerakan EUR/CHF pada tahun 2015, platform trading bank-bank yang menjadi “contekan” platform trading broker sempat freeze, dan hal ini mengakibatkan terjadi gap harga yang cukup besar antara harga sebelum crash dan setelah crash. Karena saat crash, platform praktis membeku, maka MC maupun SL jadi tidak berfungsi. Nah, apabila terjadi kesalahan teknis global seperti itu, maka tergantung pada broker masing-masing, apakah akan menghormati SL klien dan mengembalikan kerugian yang terjadi diluar SL, atau tidak. Jadi jika ada pertanyaan Apakah Balance Negatif Bisa Terjadi? jawabannya bisa.

Berkaca dari kasus Black Thursday maka beberapa broker saat ini menggunakan proteksi balance negatif tentunya untuk mengamankan dana klientnya dan mencegah supaya klientnya tidak lari ke broker lain. Tetapi masih ada banyak broker yang belum menggunakan proteksi balance negatif, karena broker tersebut tidak mau menanggung beban hutang dari klientnya. Sebagai catatan carilah broker yang sudah memiliki proteksi balance negatif, karena itu wujud keberpihakan broker terhadap klientnya.

Jika Anda memerlukan konsultasi mengenai pemilihan broker, sistem trading, atau fasilitas MetabotFX lainnya, Anda dapat menghubungi kami melalui:
Phone/WhatsApp: 08 127 127 2020
Email: mailto@metabotfx.com